Selasa, 10 November 2015

Desa binaan pendidikn geografi Universitas Lampung

Tahun ajaran baru merupakan awal dimana mahasiswa baru mulai mengikuti aktivitas dikampus. Mulai dari aktivitas akademik dalam kampus maupun aktivitas akademik di luar kampus. Sudah tidak menjadi sebuah rahasia umum lagi jika setiap ajaran baru merupakan wakti dimana mahasiswa baru mengikuti acara MOS atau yang biasa mahasiswa katakan (keakraban), yang dalam acara itu masih sering terjadi kekerasan atau perpeloncoan yang dilakukan oleh mahasiswa lama atau kakak tingkat kepada adik tingkat barunya. Yang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa didalamnya masih banyak kekerasan yang terjadi. Baik kekerasan fisik maupun kekerasan sikis.
Namun ada yang berbeda kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun ini, dalam rangka memperkenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus dan lingkungan luar, pendidikan geografi universitas lampung membuat suatu perubahan dalam rangka memperbaiki sistem dan juga memperbaiki cara berfikir bahwa kegiatan tahun baru adalah kegiatan "balas dendam" antara kakak tingkat dengan adik tingkatnya, yaitu dengan program yang bernama (Desa binaan). Kegiatan desa binaan merupakan kegiatan yang dicetuskan oleh bapak Drs. Zulkarnain, M.S.i. yang program ini telah berjalan selama 3 tahun ini terhitung dari tahun ajaran 2013-2015. Dalam kegiatan desa binaan ini banyak kegiatan yang dilaksanakan dan juga melibatkan masyarakat desa yang dimana acara desa binaan itu dilaksanakan.
Dalam kegiatannya ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan.
1. Kegiatan PKLH, yang merupakan kegiatan  pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup. Didalamnya dilaksanakan kegiatan bersih bersih desa yang dilaksanakan oleh mahasiswa baru dan lama serta dibantu oleh warga desa setempat.
2. Kegiatan Demografi, yang merupakan kegiatan tentang komposisi kependudukan atau juga bisa dikatakan tentang dinamika kependudukan. Didalamnya dilaksanakan kegiatan penyuluhan PUS dan juga KB oleh mahasiswa,dosen dan juga tim dari BKKBN. Selain itu juga pada malam harinya dilaksanakan kegiatan nonton bareng filem BKKBN.
3. Monografi dan Peta desa, yang merupakan kegiatan tentang penjelasan komposisi penduduk desa, persebaran dan lain lain, sedangkan peta desa merupakan program pembuatan peta desa yanh dilaksanakan kegiatan ini. Dalam kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa, dosen dan juga aparat pemerintahan desa.
4. Kegiatan pengenalan alat Lab dan juga lapangan, kegiatan ini diisi dengan pengenalan alat alat lab geografi kepada mahasiswa baru pendidikan geografi. Yang kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa .

Kegiatan kegiatan yang dilakukan dalam desa binaan pendisikan geografi univsrsitas lampung msrupakan kegiatan akademik diluar kampus yang bertukuan agar mahasiswa dapat langsung mempraktikan ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan yang telah di peroleh serta dapat lebih membaur pada masyarakat. Dan bagi mahasiswa baru bertujuan untuk dapat belajar dalam rangka memperaiapkan diri menimba ilmu baik dalam kehiatan diluar kampus maupun didalam kampus agar nantinya dapat menjadi generasi yang mandiri dan dapat bsrmanfaat bagi masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar